Thursday, February 9, 2012

Cara Memindahkan Folder My documents Pada Windows 7

Beberapa hari yang lalu saya ditanya oleh teman saya, bagaimana cara memindahkan folder my documents yang biasanya berada di drive C:\ sebagai lokasi default atau bawaan windows 7 ke drive yang diinginkan. Saat itu saya tidak langsung menjawab pertanyaan tersebut karena memang tidak memungkinkan. Akhirnya saya tulis di blog ini dengan harapan mudah-mudahan bukan hanya teman saya saja yang mendapatkan manfaatnya tapi anda juga pengunjung blog.
Pada dasarnya cara memindahkan folder my document di windows 7 mirip dengan cara memindahkan folder my documents pada windows XP, hanya saja yang agak berbeda adalah lokasi folder my documents pada windows 7 berada di folder documents, folder documents itu sendiri berada di folder libraries. jadi kalau disederhanakan, urutannya seperti ini: libraries>documents>my documents. Tampilannya kurang lebih seperti gambar berikut:

Cara memindahkan folder my documents pada windows 7
Misalnya anda ingin memindahkan folder my documents dari posisi default, yaitu di C:\ (libraries>documents>my documents) ke drive D:\, caranya adalah klik kanan folder my documents tsb sehingga akan seperti berikut ini:
Cara Memindahkan Folder My documents Pada Windows 7
selanjutnya anda tinggal klik properties, maka akan muncul windows seperti ini:
cara memindahkan folder my documents pada windows 7
selanjutnya anda klik tab location seperti ini:
cara memndahkan folder my documents pada windows 7
coba anda perhatikan, lokasi bawaan/default my documents pada windows 7 adalah C:\Users\oval\Documents (di windows explorer letaknya ada di libraries>documents>), selanjutnya anda tinggal merubah  lokasi default tsb dengan lokasi yang anda inginkan, misalnya di drive D:\. Caranya adalah hapus C:\Users\oval\Documents tsb kemudian anda ganti dengan D:\. Selanjutnya anda klik menu apply, maka akan muncul windows seperti ini:
cara memindahkan folder my documents pada windows 7
klik yes, maka lokasi my documents anda sudah berpindah ke drive D seperti ini:
cara memindahkan folder my documents pada widows 7
klik OK dan selamat! anda sudah berhasil memindahkan lokasi folder my documents ke tempat yang anda inginkan

2 comments:

Hosting Gratis

Web hosting
shareyourthinkall searchengine portalsite download